Senin, 23 November 2009

Windows 8, Generasi Penerus Windows 7


Belum genap berumur 2 bulan, Desas-desus bahwa Microsoft akan segera meluncurkan Operating System generasi penerus Windows 7 sudah mulai berkumandang. Rencananya Microsoft akan meluncurkan Windows 8 pada tahun 2012 nanti. Tentu saja, itu bisa terjadi kalau ramalan suku maya, akan adanya kiamat yang datang pada tahun yang sama itu tidak terjadi.
Lalu apa kelebihan Windows 8 dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya? Seperti yang dikatakan Oleh pihak microsoft, paling tidak ada dua kemampuan baru yang dimiliki oleh Windows 8. Yaitu BranchCache dan Distributed File System Replication (disingkat DFSR).

BranchCache adalah kemampuan mengakses file dari intranet dan membuat salinannya secara lokal, sehingga program dapat bekerja lebih cepat. Memang ini membutuhkan kapasitas simpan yang besar, namun Microsoft tidak khawatir, toh sekarang kemampuan harddisk sudah luar biasa besar dengan harga yang sudah relatif murah. Kemampuan ini sudah dikenalkan pada Windows 7, tapi akan jauh ditingkatkan kemampuannya pada Windows 8.
Kemampuan baru yang akan menjadi ciri khas Windows 8 adalah DFSR, yaitu kemampuan untuk melakukan sinkronisasi atau penyamaan isi folder berbasis multiplatform. Windows 8 dijanjikan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan berbagai server yang memakai OS berbeda-beda. Windows 8 memiliki kemampuan untuk menyamakan isi folder di server lain, misalnya di kantor cabang, dengan di kantor pusat.

DFSR diperkirakan dapat menghemat bandwidth WAN hingga 80% melalui kompresi diferensial On-The-Wire. Pada masa sekarang, banyak program aplikasi yang memerlukan data dalam jumlah sangat besar, tidak hanya gigabyte, tetapi sudah mulai menyentuh terabyte, kebutuhan jalur komunikasi menjadi semakin krusial. Tidak hanya perusahaan besar, bahkan pemakai individual pun sudah biasa mengunduh program aplikasi dan film dari Internet dalam jumlah puluhan gigabyte dalam sehari. Dengan teknologi yang sekarang ada, kebutuhan koneksi jaringan intranet dan Internet akan sangat mahal. Microsoft melihat celah kebutuhan file sharing ini dengan mengenalkan DFSR yang diperkirakan akan menghemat biasa hingga 80% dan itu akan sangat signifikan bagi perusahaan pada masa sekarang.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Windows 8, Generasi Penerus Windows 7”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .